You need to enable javaScript to run this app.

Tips Membuat Bekal Makanan untuk Anak Sekolah

Tips Membuat Bekal Makanan untuk Anak Sekolah

SDIT-TIRTABUARAN, JAKARTA–Setelah anak-anak diperbolehkan sekolah tatap muka, pastinya anak-anak akan mengalami namanya jam istirahat di sekolah. Selama jam istirahat, aktivitas yang dilakukan anak-anak bisa saja bermain atau jajan. Bisa jajan di kantin sekolah atau jajan ke pedagang yang ikut berjualan depan sekolah.

Bagi orangtua, pastinya ada rasa was-was jika anak jajan sembarangan. Entah karena faktor kebersihan atau faktor kurangnya nutrisi pada jajanan anak. Misalnya, berbagai zat berbahaya, seperti boraks maupun pewarna tekstil atau perasa makanan yang kurang tepat. Maka ada baiknya, anak-anak dibuatkan bekal saja.

Mempersiapkan bekal anak sekolah merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak dan memastikan kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Lalu, bagaimana caranya membuat bekal yang baik bagi anak-anak?

Seperti dilansir Kompas.com dari laman Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini 5 tips mudah membuat bekal anak.

5 tips membuat bekal anak sekolah

  1. Pilih buah-buahan dan sayuran segar

Buah-buahan dan sayur yang memiliki vitamin dan tinggi serat baik buat bekal sekolah. Berikan anak buah-buahan segar sebagai bekal sekolahnya, bukan buah dalam bentuk jus kemasan atau kaleng.

  1. Lengkapi kebutuhan lemak hariannya

Lemak tetap dibutuhkan bagi anak-anak agar tetap berenergi dan lebih mudah berkonsentrasi saat di sekolah. Ada beberapa sumber lemak baik yang bisa Bunda berikan sebagai bekal sekolah. Di antaranya mentega, minyak, keju, kacang-kacangan, dan daging.

  1. Lengkapi nutrisinya dengan konsumsi biji-bijian

Beberapa jenis biji-bijian yang bisa diberikan sebagai bekal sekolah anak adalah popcorn, oatmeal, dan quinoa. Jangan lupa memilih biji-bijian utuh dan berkualitas baik.

  1. Berikan minuman yang sehat

Perhatikan pula jenis minuman yang dikonsumsi anak. Untuk bekal sekolah anak, lebih baik berikan air putih, susu atau jus buah murni yang diolah sendiri.

  1. Penuhi bekalnya dengan makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi seimbang baik bagi pertumbuhan anak-anak. Artinya, bekal harus terdiri dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, daging atau makanan berprotein, dan susu atau produk olahan susu.

Orangtua harus ingat, anak usia sekolah masih dalam masa tumbuh kembang dan memiliki lebih banyak aktivitas di luar sehingga rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, luangkan sedikit waktu untuk menyiapkan bekal sekolah anak setiap harinya. Buatlah rencana menu harian atau persiapkan bahan masakan untuk bekal sekolah anak di akhir pekan. (ran)

Editor: Hay Izoruhai

Sumber: Kompas.com

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Hj. Eva Mulusia, S. Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaratuh Bissmillahirrahmanirrahiim Welcome to SDIT Tirta Buaran… Selamat datang di dunia pendidikan SDIT Tirta Buaran. Kami merasa...

Berlangganan
Banner