You need to enable javaScript to run this app.

Inilah Jenis Mainan yang Dapat Melatih Sensor Motorik Anak

Inilah Jenis Mainan yang Dapat Melatih Sensor Motorik Anak

SDIT-TIRTABUARAN, JAKARTA–Saat memiliki anak kecil, orangtua perlu memantau perkembangannya. Hal ini bertujuan apabila anak memiliki keterlambatan perkembangan bisa langsung diketahui dan segera mendapat penanganan.

Salah satu perkembangan yang perlu dipantau adalah motorik anak. Motorik anak sangat menunjang pertumbuhan anak di masa depan. Perkembangan motorik anak ini diperlukan beberapa identifikasi awal untuk melihat apakah ada keterlambatan perkembangan dan kesulitan dalam belajar. Agar motorik anak terus diasah, orangtua bisa memberikan stimulasi dengan mainan tertentu.

Jenis mainan yang bisa melatih sensor motorik anak

Penggunaan mainan dalam membangun ukuran tersebut harus menggunakan obyek konvensional. Seperti kubus atau kerincingan sebagai jenis permainan individu untuk menstimulai otak dalam berpikir dan meningkatkan kepercayaan diri.

Dilansir Kompas.com dari akun Instagram Paudpedia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendibud Ristek), Minggu (29/5/2022), ada beberapa jenis permainan yang bisa melatih motorik anak.

Mari simak bersama informasi berikut ini sebagai tambahan wawasan bagi orangtua dalam memberikan stimulus bagi anaknya. Permainan yang dapat mengasah kepekaan sosial, seperti engklek, congklak dan petak umpet sebagai jenis permainan berkelompok.

Selain membantu mengembangkan logika dan fisik anak seperti berhitung dan dapat juga mengembangkan kemampuan fisik dan bersosialisasi anak. Selain itu beberapa faktor eksternal yang mendorong perkembangan anak dalam bermain, seperti kesehatan dan lingkungan sosial.

Permainan modern yang dapat latih sensorik anak Permainan modern yang dapat mengasah perkembangan anak, antara lain:

  1. Mainan puzzle

Permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan anak-anak untuk menggunakan otot-otot khususnya otot yang ada di sekitar tangan dan jari.

  1. Tebak warna

Memberikan permainan yang memiliki warna-warna yang berbeda di setiap bagian mainannya. Permainan ini akan membantu anak untuk belajar mengoordinasikan sesuatu yang sesuai dengan jenisnya.

  1. Bermain pasir atau mandi bola

Permainan ini mampu mengembangkan tiga kemampuan anak sekaligus, yaitu fisik, kognitif dan sosial emosi. 

Demikian beberapa jenis mainan yang bisa melatih sensor motorik anak. Jika sensor motorik anak berkembang dengan baik, anak juga tidak akan kesulitan memasuki fase-fase selanjutnya seperti saat memasuki masa sekolah. (ran)

Editor: Hay Izoruhai

Sumber: Kompas.com

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Hj. Eva Mulusia, S. Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaratuh Bissmillahirrahmanirrahiim Welcome to SDIT Tirta Buaran… Selamat datang di dunia pendidikan SDIT Tirta Buaran. Kami merasa...

Berlangganan
Banner