You need to enable javaScript to run this app.

Inilah Cara Kerja Robot

SDIT-TIRTABUARAN, JAKARTA–Semakin canggih perkembangan teknologi, fungsi robot pun saat ini makin beragam. Saat ini banyak sekali kegiatan manusia yang sudah melibatkan robot. Untuk keperluan bersih-bersih rumah pun saat ini sudah ada robot yang mengerjakan tugas tersebut.

Ilmu tentang robotik pun saat ini tidak hanya dipelajari saat berada di perguruan tinggi saja. Saat ini pun juga ada kursus robotik sederhana bagi anak-anak usia dini. Di kalangan siswa maupun mahasiswa juga banyak lomba-lomba bidang robotik yang bisa diikuti.

Cara kerja robot

Salah satunya yakni Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 yang bisa diikuti mahasiswa di semua perguruan tinggi. Seperti dimuat Kompas.com yang merangkum dari akun Instagram Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Kamis (18/11/2021), secara umum sebuah robot merupakan rangkaian elektromekanik yang mampu bergerak dan memiliki kecerdasan.

Jika kamu ingin tahu bagaimana robot mampu bekerja seperti manusia? Simak bersama ulasan berikut ini. Sebuah robot akan bekerja saat ada rangsangan. Rangsangan terbentuk karena kecerdasan (brain) yang terprogram dan adanya sensor yang tertanam pada robot. Selain itu robot dilengkapi power untuk bergerak, bisa dari listrik, pneumatic (tekanan udara) atau hydraulic. Jenis robot Robot yang diciptakan manusia pun ada beberapa jenis.

Berikut beberapa jenis robot yang biasa dibuat. Pada umumnya jenis robot dilihat dari bentuknya, terdiri dari 5 bentuk, yakni:

  1. Humanoid: Jenis robot yang memiliki bentuk seperti manusia.
  2. Fixed Robot: Robot yang tidak dapat berpindah, biasanya dapat kita jumpai di industri manufaktur.
  3. Mobile robot: Robot yang dapat berpindah secara dinamis karena memiliki roda atau kaki.
  4. Bug robot: Robot yang bentuknya mirip dengan binatang.
  5. Combination: Robot dengan bentuk gabungan dari keempat robot sebelumnya.

Itulah informasi mengenai cara kerja robot dan jenis robot yang biasa diciptakan manusia. Salah satu jurusan yang bisa kamu pilih jika ingin membuat robot yaitu Teknik Elektro. Saat ini jurusan Teknik Elektro sudah banyak tersedia di perguruan tinggi negeri maupun swasta. (ran)

Editor: Hay Izoruhai

Sumber: Kompas.com

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Hj. Eva Mulusia, S. Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaratuh Bissmillahirrahmanirrahiim Welcome to SDIT Tirta Buaran… Selamat datang di dunia pendidikan SDIT Tirta Buaran. Kami merasa...

Berlangganan
Banner